masa depan perjuangan syariah

Masa Depan Perjuangan Syariah

Sebagai Partai Islam yang Berkemajuan Perjuangan Syariah tetap menjadi ruh dan starting point / landasan bagi perjuangan partai. Perjuangan ini hakikatnya adalah perjuangan dari generasi ke generasi yang api dan gelora semangatnya tak akan padam [...]
klaim budaya oleh malaysia

Klaim Budaya Berulang, Tindak Tegas Malaysia

Pemerintah bisa bersikap lebih keras dengan menarik Duta Besar Indonesia di Malaysia. “Atau sebaliknya. Jika pemerintah mampu bersikap tegas, menurut Yusron, Malaysia akan lebih menghormati Indonesia [...]
next masyumi

The Next Masyumi Bagian 2

Jejak Panjang Perjuangan Masyumi untuk ummat dan bangsa tidak bisa begitu saja dihapuskan , Ia lahir dari ide besar Islamic Modernization, sebagai partai ia bisa dibubarkan tetapi sebagai ide besar ia akan tetap muncul dalam bentuk yang lain. [...]
jejak kyai kuning

Jejak Kyai Kuning dalam Syiar Islam Nusantara

Dari Demaklah cita - cita Kyai Kuning untuk penyebaran dan pengembangan Syiar Islam dimulai dan Dari Demaklah Kebangkitan Islam pada mulanya disuarakan dan diperjuangkan hingga ke penjuru nusantara[...]

23 Maret 2009

Pilih konsisten perjuangkan Syariat Islam, Partai Bulan Bintang tidak ikut-ikutan bergerak ke tengah

Bismillahirrahmanirrahiim,



Di tengah banyaknya parpol berbasis massa Islam yang melebarkan market share-nya mengincar suara di luar kalangan pemilih Islam. Keluarga Besar Partai Bulan Bintang justru semakin jelas untuk berjalan di dalam koridor keislaman. PBB meyakini isu keislaman dan syariat islam masih relevan selama bisa dikemas sesuai dengan perkembangan zaman.

Pilihan tersebut tidak dilakukan tanpa pertimbangan matang. Hasil dari berbagai safari politik ke berbagai daerah dan pesantren di Tanah Air menunjukkan bahwa sebagian besar menginginkan adanya perjuangan untuk mewujudkan syariat Islam.
‘’Kita kan harus menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat. Nah, kebetulan syariat Islam menjadi kebutuhan umat. Jadi kita akan senantiasa istiqomah memperjuangkannya,’’ tegas Kaban.

Alasannya, kekuatan kapitalis yang sudah mendominasi dunia termasuk Indonesia, terbukti gagal memberikan kemakmuran bagi rakyat. Dengan syariat Islam, diharapkan memberikan harapan baru.

Di beberapa forum dan majelis taklim, Keluarga Besar Bulan Bintang terus menggelorakan tema-tema syariat Islam yang penuh keberpihakan terhadap rakyat kecil.
Suka atau tidak, lanjut Kaban, jumlah penduduk dan pemilih muslim di Indonesia adalah mayoritas. Hampir 90 persen, jauh di atas jumlah muslim di Malaysia. Ironisnya, hak-hak umat belum mendapatkan tempat yang semestinya. Berdasarkan itu, kita tidak boleh ragu berjuang untuk syariat Islam agar dapat ditegakkan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Perjuangan menegakkan syariat Islam didasarkan oleh perjuangan para pendiri bangsa (founding father). Hal tersebut dapat dilihat dalam Piagam Jakarta yang isinya antara lain soal ditegakkannya syariat Islam bagi para pemeluknya. Kendati Partai Bulan Bintang gigih berjuang untuk dijalankannya syariat Islam, bukan berarti kita tidak memperhatikan aspirasi umat non Islam.
“Sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW. Kalangan non Islam tidak perlu khawatir dan takut terhadap apa yang diperjuangkan PBB,’’ paparnya.

Apabila syariat Islam berhasil ditegakkan di Indonesia, bukan berarti kebebasan umat non Islam lantas terkekang. Islam sebagai agama rahmatan lil alamin —- rahmat untuk seisi alam (umat). Sehingga, tetaplah terjamin kebebasan seluruh warga negara Indonesia.

Sementara, Sekjen DPP PBB, Sahar L Hassan mengatakan, perjuangan syariat Islam bagi PBB, merupakan harga mati. Meski demikian, syariat Islam yang diusung partai penerus masyumi itu, sangat concern dengan rakyat kecil. Misalnya, pemberdayaan ekonomi kerakyatan, penolakan sistem perbankan yang menerapkan riba (bunga), penolakan terhadap segala bentuk diskriminasi, sentralisasi, monopoli serta adanya kesenjangan sosial. ‘’Pokoknya, kemakmuran yang berkeadilan harus dirasakan rakyat Indonesia,’’ ucapnya.

Terkait banyaknya parpol Islam mulai bermain ke tengah, menurut tokoh HMI itu, tidak perlu dipersoalkan. Karena setiap lembaga politik memiliki pilihan, termasuk garis perjuangannya. Namun bagi Partai Bulan Bintang, memperjuangkan terwujudnya syariat Islam adalah wajib hukumnya.

‘’Banyak yang keliru dan takut tentang penerapan syariat Islam. Jadi tidak serta merta maling langsung (dihukum) potong tangan. Itu bentuk ketakutan yang berlebihan. Biasanya dimainkan Amerika. Sama halnya dengan isu-isu terorisme di Indonesia,’’ tandasnya.
Lebih jauh, Sahar tetap menghormati pergeseran yang terjadi di kalangan parpol-parpol Islam. Di mana parpol-parpol Islam yang hijrah itu, tidak lagi konsisten dalam memperjuangkan syariat Islam.

‘’Partai Bulan Bintang tidak ingin ikut-ikutan. Karena syariat Islam itu, sudah sangat toleran. Sekaligus mengajarkan rasa cinta tanah air dalam bingkai NKRI. Jadi tidak perlulah PBB berubah platform biar disebut parpol tengah,’’ paparnya.

Sementara, Ketua DPP PBB, Ali Mochtar Ngabalin mengatakan bahwa syariat Islam merupakan ruh dari PBB. Sehingga apabila syariat Islam ditinggalkan, sama halnya dengan kematian PBB. ‘’Itu ruhnya PBB. Soal parpol Islam lain mau moderat, silakan saja. Itu hak yang tidak bisa kita campuri,’’ tuturnya.

Selanjutnya, Ngabalin mengurai perkembangan syariat Islam yang mulai mendunia. Ketika terjadi krisis global, beberapa negara di Eropa mempelajari sistem ekonomi Islam yang terbukti tahan krisis. Misalnya, sistem perbankan syariah yang tidak mengenal adanya sistem bunga bank.

‘’Yang dianut bank syariah adalah sistem bagi hasil, atau mudharabbah. Bukan sistem bunga atau praktik-praktik rente yang dilarang dalam Islam. Dan, sistem itu terbukti tidak bisa diserang krisis,’’ jelasnya.

Demikian pula sistem hukum pidana serta perdata yang menganut syariat Islam, lanjutnya, terbukti lebih berkeadilan. Alhasil, beberapa negara di Eropa tertarik untuk mengadopsinya. ‘’Misalnya, hukum untuk perzinahan atau pencurian, sanksinya memang berat. Tetapi, pembuktiannya juga tidak mudah. Perlu tahapan panjang dan serius. Sehingga akurasinya bisa dipertanggungjawabkan,’’ ucapnya.

Semoga Laskar Hijau tetap Isiqomah sebagai pejuang dan pengawal syariah...Insyaallah happy

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Template by : Kendhin @ 2 0 0 9